-->

Sabtu, 11 Februari 2012

SometHing WeiRD... (-,-')

Em... Today... nothing something special happend in my life, of course.. because, i did nothing today.. #ngomong opoo ini?? 

Hari ini terketuk hati saya untuk menemani teman saya pergi membeli beberapa stuff / barang / dōngxi (东西).. dengan sedikit terjadi rapat darurat, akhirnya kita memutuskan pergi ke salah satu Market di daerah Sānlǐ tún (三里屯) masih di Distrik Chaoyang, Beijing ..
market ini berjudul , Ya Shou disini anda bisa menemukan berbagai macam barang seperti baju, celana, sepau, kaos kaki, anting, kain, sarung tangan, kuncir rambut.. bahkan peniti.. hampir mirip seperti Bringharjo, Yogyakarta, bedanya disini semua bicara pake bahasa China...#iyalah jelas..
Di market ini, 1 kentrampilan yang benar benar dan wajib 'ain anda punya adalah MENAWAR .. mengapa? karena penjual disini sangat gila dalam memberi harga, apalagi bila anda memiliki rambut blonde, hidung mancung, dan tinggi (alias bule) #untung kita, orang indonesia g memiliki ciri ciri itu. 
Tapppiiiii.. jangan salah, mereka pinter loh...#biasa aja sih sebenarnya..walaupun kita nggak memiliki itu, mereka tetep bisa membedakan  kita orang China atau bukan.. tau nggak bagaimana?
kulit? no.. kita orang indo juga ada yang putih.. 
mata? no..juga..karena saya sendiri bermata sipit.. 
apa coba?? jawabannya adalah ...

 
ekspresi wajah... knapa? karena orang Cina bakal bisa membaca ekspresi wajah mlogo kita saat mereka menawarkan barang pake bahasa China, nahlo .. pasti ketauan kalo kita adalah BULE... wkwkwkwk . #pengelamanpribadi.. 
Bayangin aja, baru nyentuh barang pake kelingking, terus terjadi deh percakapan kaya gini :

Penjual : "Nǐ hǎo! Nǐ yǒu mǎi ma?(你好!你有买吗?)".( halo! kamu mau beli kah?)

Pembeli : (lagi sambil buffering..*mikir* Ni orang ngomong apa yaa???) ..eeee... (g nympe setengah detik, dah disaut ma penjualnya )

Penjual  : (pake mata melotot #mang orang cina bisa melotot?*mikir* (Nǐ yǒu mǎi jǐ gè?zhè shì hěn piàoliang 你有买几个?这是很漂亮..你。。看吧. (kamu mau beli berapa, ini sangat bagus..silahkan dilihat)

Pembeli : (sambil kesel, yee,,, ini juga lagi liet.. ) Duì duì duì hěn !@@#$$%^&*&^... #g ngerti ngmong apa..(bisa dibilang itu bahasa tubuh)

Penjual  : Gěi wǒ liùbǎi kuài. (给我六百块).. (beri saya 600 yuan)

Pembeli : (kalo masalah angka terutama harga, pasti tau, langsung jawab secara otomatis) Tài guìle!!!(太贵了)..#artinya, MAHAL BANGET!!!! #sambil hidung melotot..

Penjual  : !#@#$$&$*@#$%^&*(*&^%$#@!@#$%^&*&^%$#@...(sambil ujan)

Pembeli : .. (loading 7%)

Penjual : !@#$%^&*()@#$%^&*()@#$%^&*(, !@#$%^&*()@#$%^&*(... (pake bahasa china)

Pembeli : ???????????????.....!!!!!!!???? (sambil terus buffering)

lalu terjadilah perdebatan seru , sekitar 1 jam untuk mendapatkan harga yang semurah mungkin ..
tiba tiba ..

Penjual  : Are you crazy????!!!!!!!!! (akhirnya ni China ngomong bahasa Inggris juga, dari tadi kek..)

Pembeli : (dengan PD) i just want 10 yuanes for this underwear ... # nah lho, sekarang siapa yang crazy? penjual apa yang beli?????

Penjual  : ......  (apa yyang akan penjual katakan)
 
Setelah itu saya tidak lanjut menyaksikan pembicaraan mereka, karena saya yakin kan memakan waktu lebih dari 30 menit..tapi saya tau , apa isi titik di atas?pasti penjual akan berkata YOU WANNA KILL ME???? hoooaaammm... itulah percakapan yang past anda dengar, dan selalu ingatlah kata kata Pembeli ... sangat PENTING untuk dipraktekkan ..

Okelah, itu sedikit pembukaan, karena disini sayabukan itu yang ingin saya ceritakan.. tapi tentang sesuatu yang saya fikir sangat aneh.. dan sedikit menggelitik mata serta telinga saya..
setelah kamu melakukan perjalan panjang, akhirnya teman saya menuju pada ttujuan utama.. pertama saya biasa saja, tetapi setelah tau.. saya langsung terkejut.. 
ternyata teman saya ingin membeli baju sexy.. ckckckckck #ga seterkejut itu juga sih...yah, berhubung saya sudah terlanjur ikut..jadi saya ngikut aja kemana mereka pergi.. 
Setelah beberapa menit berjalan, akhirnya teman saya pergi ke suatu shop.. 
ini shopnya ..
apa coba??keliatan kan dari jauh? 
Ini ni yang saya tulis disini, sebenarnya saya sedikit canggung untuk menceritakan apa yang saya lihat dan apa yang saya fikirkan tentang tempat ini.. 
tapi inilah, salah satu hal yang tidak akan kamu temukan di Indonesia (baca katrok part I dan II), disini.. shop semacam itu di legalkan .. tidak mengerti mengapa, malah kata seorang teman china saya, itu adalah sebuah kebiasaan atau tradisi.. 
Hampir disetiap sudut kota,anda akan menemukan Shop ini.. Sejauh ini saya telah menemukan lebih dari 6 Shop di sepanjang saya bepergian .. 
memang aneh, tetapi setelah saya membuka link ini http://info-unik-dunia.blogspot.com/2010/01/deretan-10-negara-berbudaya-sex.html , ternyata memang benar.. 
wah, mbaknya liat liat..pgn masuk ya??
Bukan bermaksud Vulgar, tapi bagi saya aneh sekalii.. mungkin karena di Indonesia kita tidak terbiasa dengan hal seperti ini yang bebas sensor.. (dan jangan bertanya, apakah saya ikut masuk ke shop ini dengan teman saya atau tidak??)
selain itu juga, disini sangat mudah buat cari majalah po*no ataupun itu.. karena disini para penjual majalah atau buku di pinggir jallan, bebas menjual majalah 2 seperti itu.. 
bingung kan, mana majalah po*no nya?aku tau lho... :p
di gambar ini, jngan hanya liat jeleknya China aja, tapi 1 hal yang membuat saya salut adalah.. Pemerintah menyediakan tempat untuk menjual buku, tapi bukan untuk pedagang kaki lima, jadi jalanan tetap rapi dan bersih .. 
Lihat sebelah kanan, itu adalah KFC yang saya kunjungi tadi pagi.. #bukan promosi tmpat makan lho.. :) tapi tadi pagi saya nggak ngeh ada mas mas disitu..*mikir*

hem,, sangat aneh kan? mungkin bagi pembaca tidak, tapi bagi saya sangat aneh.. dan disini, adegan cium mencium pasangan adalah hal yang sangat wajar, ckckckc.. #bikin risih .. 
tapi well, berhuubung saya disini adalah pendatang jadi saya tidak bisa protes.. 

Oke, ini informasi yang dapat saya share kali ini.. penting nggak penting, seenggaknya kita jadi tau apa yang nggak ada di Indonesia tapi bisa ditemukan di China #tidak menganjurkan untuk mencari tempat ini lhoo..



1 komentar: