-->

Kamis, 09 Februari 2012

Nyaris katrok (Part II)

Pagi ini 20 Februari 2012..*ga tau kenapa saya senang sekali mencantumkan tanggal pada tiap tulisan saya, padahal di tab tanggal juga ada*..
tepatnya bukan pagi sih, tapi tengah hari.. pukul 12 lebih 5 menit atau disingkat 12.05, saya dihadapkan oleh pilihan yang sulit.. antara pergi membeli makan atau tetap stay di kamar.. #dalamkeadaanlapar..
setelah saya berfikir, dan terjadi pergulatan hebat antara otak, perut, dan rasa malas.. akhirnya saya memutuskan untuk pergi membeli makan..(tebak, pada saat itu saya sudah mandi belum??) 

Untung nggak jauh dari kampus, ada KFC (bahasa China Kěndéjī (肯德基)*aneh banget China KFC yang udah gmpang aja,musti di translatin ke bahasa china* ), jadi langsung aja ngacir kesana.. nggak nyampe % menit nyampe deh,, 

Tapi di tengah perjalanan, tiba tiba naluri berfikir aku dan naluri katrok aku keluar..#paling gawat kalo 2 hal ini kluar, ga bisa ngontrrrol..*jngan dibayangin bagaimana mukaku*..
Yaitu tentang apa yang ga ada di Indonesia (baca Nyaris Katrok part I).. 


Kali ini tentang berbagai cara menyeberang Jalan... (nahlo, nyebrang jalan aja disini ada banyak pilihan..),  

Cara pertama menyeberang jalan 
adalah, dengan menggunakan Jembatan penyeberangan ..seperti di area 金台历, 朝阳, 北京 ...
就是 jembatan penyeberangan 红庙路口。

Sebenarnya Indonesia juga memiliki ini si, tapiiiii.... but, 但是.. kayaknya ga sebersih jembatan ini deh.. #alis naik satu.. ya kann???? tau kenapaa???
karena disini anda ga bakal nemuin yang namanya orang tawar menawar, #kalau di ingonesia sereeebuu sereeebuuu... *poengalaman* , disini ga boleh sama sekali ada pedagang kaki lima, kaki dua boleh.. paling cuma nawarin selebaran, itu aja kayaknya ga ada disini.. untuk menawarkan selebaran harus di area khusus yang disediakan oleh pemerintah.. wahh..rapi sekali ya kota Beijing.. 
Menyeberang jalan menggunakan jembatan penyeberangan adalah cara menyeberang jalan yang paling safety / aman /安全。。dijamin, ga bakal tu kena kasus ketabrak mobil atau motor diatas jembatan.. iya kan??

Cara kedua nyebrang jalan.. 
Sama seperti Indonesia sih.. menaati rambu rambu lalu lintas ? traffic Light/ Hóng lù dēng (红录灯)/perempatan. Kalau mengikuti cara ini, menurut aku sih tingkat keamanannnya 90% lah, karena terkadang pengendara mobil disini suka amburadul juga nyetirnya, tapi tenaaang... 99,9% mereka taat peraturan, jadi ga mungkin nlonyor nerjang lampu merah.. 
Lihat suasana perempatan gambar ini.. Rapi kan, semua orang menyeberang pada tempatnya alias zebra cross .. karena ada pembatas jalan ditengah, jadi ga bisa sembarangan menyebrang..:)
 
lebay mbaknya, pake tutup muka segala..tau kali ya mau difoto??
Cara ketiga adalah : 
Penyeberangan bawah tanaah... , wah pasti penasaran kan? karena aku yakin di Indo belum ada..
penyeberangan ini ada di setiap daerah atau jalan raya yang lebuuaar..yang ga memungkinkan kita nyebrang lewat jalan, makanya pemerintah Cina membuat penyeberangan bawah tanah .. 
disini, ada di daerah 天安门  。。 menurut saya, tidak ada yang menarik sih dari penyeberangan ini, karena dibawah tanah ga bisa liat apa apa.. 
tapi so far, amann lah.. ga perlu takun mobil diatas kita bakal ambrol..:) 
dan berhubung saya lupa , atau entah saya memang tidak tertarik,maka dari itu saya tidak memiliki fotonya.. #alasan.. 
tapi akan segera saya produksi ..:)


Cara keempat adalah :

Ini ni yang paling aku suka.. sekalian menyalurkan naluri ke 3 ku, usil..
hiiii....
pencet tanda hijau dan otomatis kendaraan akan berhenti ..
Ini yang tidak (mungkin belum) saya temukan di Indonesia, jadi kita sebagai pejalan kaki kita memiliki hak untuk mengatur lalu lintas pejalan kaki, tinggal pencet Tombol Hijau.. tunggu beberapa detik, langsung deh motor pada berhenti dan memberi kita waktu untuk menyeberang jalan , sekitar 25 detik...
Mengapa begitu? karena di area ini, mobil tidak boleh melaju dengan kecepatan diatas 40 km/jam, jadi kalau tiba tiba ada orang seperti saya (yang ga bisa nyebrang) memencet tombol hijau, mereka ga akan ngerem mendadak, sehingga tingkat kecelakaan disini menjadi sangat keciiiiiiiiiiiilllllllll....


Well.. itu pengalaman yang bisa saya Share dari sini, bukan apa2 siapa tau anda (pembaca) adalah lulusan teknik sipil, bagian tata kota *mang ada* atau apapun itulah, bisa ini diterapkan di Indonesia, ga ada slahnya mengadopsi hal yang positif.. :)


2 komentar:

  1. waaah mbak din ga kabar2 klo ke china, ini blog bisa menambah pengetahuan, makasih ya dah berbagi pengalaman :)

    BalasHapus
  2. hihihi... ngapain bilang2, ntar lama lama juga pada tau..:)
    iya, siapa tau ada yang mau kesini, nggak katrok kaya aku... hihihi

    BalasHapus