-->

Kamis, 09 Februari 2012

Just really really ordinary girl (nyaris katrok) part I

Kali ini gue pgn nyeritain tentang pengalaman gue yang hampir selama 5 bulan di Beijing.. #em, ada yang aneh...
ga enak dibaca.. ganti SAYA... :)


sebenarnya tidak banyak informasi yang ingin saya sampaikan di tulisan ini, tetapi bisa lah sebagai gambaran kalau nanti pembaca ada yang akan tinggal di China, terutama Beijing di distrik Chaoyang..
Awal datang kesini, saya benar benar buta akan apa yang ada disini, tempat apa yang bisa dikunjungi dan apa yang bisa anda lakukan disini..#rada katrok

tapi ternyata, memang berbeda... :'( #menyesalkarenakatrok..

banyak hal yang berbeda disini, 
pertama 

pasti bingung, gambar apaaan ini???sabaaaarrr.....
kurang jelas sih fotonya, tapi ini versi lengkapnya, bus station plus busnya
satu fenomena yang ga ditemukan disini adalah ANGKUTAN KOTA/ANGKUDES..
mengapa
karena disini semua menggunakan BIS KOTA atau Gōnggòng qìchē (公共汽车) (gambar diatas), ada dua macam bis kota.. bis listrik dan bis biasa, dan bis biasa ada dua macam BerAC dan tidak BerAC tapi dua duanya sama sama nyaman.. untuk ongkos jauh dekat hanya meguras kocek (#bahasa gaulnya) 1-2 元 atau sekitar 1500 atau 3000 rupiah.. ditambah lagi bila menggunakan kartu khusus bis kota, maka anda cukup menmbayar 0,4 元 atau sekitar 1000 rupiah .. murah kan? jadi bisa dibilang, mau kamana aja iriittt... 
apalagi biasanya Stasiun bis dekat dengan taman atau tempat wisata..

seperti ini, itu adalah nomor jalur bus..#narsis
Semua bis melaju sesuai orbitnya #weeeeeeeeewwwwwwwww..... maksudnya jalurnya dan semua bis pasti berhenti di stop bus. Dan untuk tujuan / jalur dilambangkan dengan angka,,seperti 115,718,502,31,718, dll. Dan disetiap bus station ada nomer bis dan jalur bus.. jadi dijamin nggak akan nyasar, tapi perlu di ingat.. 
INGA INGA... TING !!!! #kedip satu mata. Buat naik bus, perlu bekal bisa baca karakter china, karena semua tertulis dalam karakter china.. #gubraaak
(tidak seperti di kota saya wonosobo hijau untuk Garung, merah untuk sawangan, dan coklat untuk limbangan #sekedar mengingat)

kedua : 
masih ranah angkutan umum..
yang tidak ditemukan di Indonesia adalah Kereta Bawah Tanah, atau SUBWAY atau dalam bahasa Emak biksu Tong, Dìtiě (地铁)..
maaf gambar kurang jelas,tapi seperti inilah keadaannya..
Tarif untuk subway jauh dekat adalah 2 元 sekitar 3000 bisa beli kartu satu kali pakai, ataupun kartu yang buat bus kota.. #jadi di Subway nggak ada kernet nya hihihih.. kalau isi uang di kartu abis, tinggal recharge deh..
Dengan naik subway anda bisa pergi kemana saja tempat di Beijing, bisa juga pergi ke tempat wisata seperti Forbiden City (天安门), Zoo (动物园), Summer Pallace 颐和园, dll..

eeeiittsss..Tapi jangan salah, anda bisa menemukan bajay lho disini... tentunya dengan versi yang berbeda.. 
abaikan model, fokus pada bajay ala China..:)

canggih banget yah teknologi mereka, kapan Indonesia punya dua alat transportasi ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar